Organisasi dan Manajemen
Bentuk Organisasi
- Menurut Hanel :
- Suatu sistem sosial ekonomi atau sosial teknik yang terbuka dan berorientasi pada tujuan
- Sub sistem Koperasi :
* Individu(pemilik dan konsumen akhir)
* Pengusaha perorangan/kelompok (pemasok/supplier)
* Badan usaha yang melayani anggota dan masyarakat
2. Menurut Ropke
- Identifikasi Ciri Khusus
* Kumpulan sejumlah individu dengan tujuan yang sama (kelompok koperasi)
* Kelompok usaha untuk perbaikan kondisi sosial ekonomi (swadaya kelompok koperasi)
* Pemanfaatan koperasi secara bersama oleh anggota (perusahaan koperasi)
* Koperasi bertugas untuk menunjang kebutuhan para anggotanya (penyediaan barang dan jasa)
- Sub Sistem
* Anggota Koperasi
* Badan Usaha Koperasi
* Organisasi Koperasi
3. Di Indonesia
- Bentuk Rapat Anggota, Pengurus, Pengelola, dan Pengawas
- Rapat Anggota :
* Wadah anggota untuk mengambil keputusan
* Pemegang Kekuasaan Tertinggi dengan tugas :
- Penetapan Anggaran Dasar
- Kebijaksanaan Umum(manajemen,organisasi & usaha koperasi)
- Pemilihan,pengangkatan & pemberhentian pengurus
- Rencana kerja,Rencana Budget, dan pendapatan serta pengesahan Laporan Keuangan
- Pengesahan Pertanggungjawaban
- Pembagian SHU
- Penggabungan pendirian dan peleburan
Hirarki Tanggung Jawab
- Pengurus
Tugas :
- Mengelola koperasi dan usahanya
- Mengajukan rancangan Rencana Kerja,Budget, dan Belanja Koperasi
- Menyelenggarakan Rapat Anggota
- Mengajukan laporan keuangan &pertanggung jawaban
- Maintenance daftar anggota dan pengurus
Wewenang
- Mewakili koperasi di dalam & luar pengadilan
- Meningkatkan peran koperasi
2. Pengelola
- Karyawan /pegawai yang diberikan kuasa & wewenang oleh pengurus
- Untuk mengembangkan usaha dengan efisien &profesional
- Hubungannya dengan pengurus bersifat kontrak kerja
- Diangkat & diberhentikan oleh pengurus
3. Pengawas
- Perangkat organisasi yang dipilih dari anggota dan diberi mandat untuk melakukan pengawasn terhadap jalannya organisasi & usaha koperasi
- UU 25 Th.1992 pasal 39 :
* Bertugas untuk melakukan pengawasan kebijakan dan pengelolaan koperasi
* Berwenang untuk meneliti catatan yang ada & mendapatkan segala keterangan yang diperlukan
Pola Manajemen
- Menggunakan gaya manajemen yang partisipatif
- Terdapat pola job description pada setiap unsur dalam koperasi
- Setiap unsur memiliki ruang lingkup keputusan yang berbeda(decision area)
- Seluruh unsur memiliki ruang lingkup keputusan yang sama( shared decision area)
Sumber :
http://ahim.staff.gunadarma.ac.id/.../files/.../Organisasi+Koperasi+(III).ppt
www.gunadarma.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar