Jumat, 26 November 2010

tugas 6

  1. Sifat-sifat produksi yang saya ketahui yaitu:
  • Produksi Spesifik
pembeli menginginkan adanya spesifikasi tertentu dari produk yang diinginkan sedangkan jumlahnya hanya terbatas maka proses produksi yang dipakai adalah proses produksi pesanan.
  • Produksi Standar
Produk standar yang menjadi keputusan perusahaan mengakibatkan proses produksi yang dipakai akan berbeda dengan proses produksi untuk produk pesanan. Karena perusahaan yang membuat produk standar berarti perusahaan tersebut membuat produk yang ukurannya standar (sama) dan jumlahnya sangat banyak karena bertujuan untuk persediaan maupun untuk kiriman.

     2. Pengertian Produksi secara umum diartikan sebagai suatu kegiatan atau proses yang mentransformasikan masukan (input) menjadi keluaran (output) sedangkan Proses produksi secara ekonomi mengacu pada kegiatan yang berhubungan dengan usaha penciptaan atau penambahan atau utilitas suatu barang dan jasa. Penambahna atau penciptaan kegunaan atau utilitas karen abentuk dan tempat ini membutuhkan faktor-faktor produksi.

    3.  Bidang produksi mempunyai 5 tangguhng jawab utama yaitu:
  • Produksi
Keputusan-keputusan dalam kategori ini menentuka proses fisik atau fasilitas yang dipakai untuk memproduksi barang atau jasa.Keputusan mencakup jenis peralatan dan teknologi,arus proses letak (layout) peralatan dan keseluruhan fisik pabrik atau jasa layanan.

  • Kapasitas
Keputusan dimaksudkan untuk memnentukan besarnya kapasitas yang tepat dan penyediaan pada waktu yang tepat. Kapasitas jangka panjang ditentukan oleh besarnya fasilitas fisik yang dibangun. Dalam jangka pendek fasilitaskadang-kadang di[perbesar dengan mengadakan kontrak kepada pihak luar atau regu (shift) atau menyewa ruang atau peralatan tambahan.

  • Persediaan 
Manajer persediaan membuat keputusan-keputusan  dalam bidang produksi menyangkut apa yang akan di pesan, berapa banyak pemesanan serta kapan pemesanan dilakukan.

  • Tenaga Kerja 
Dalam  manajemen produksi penentuan dan pengolahan tenaga kerja atau sumber daya manusia menempati posisi yang sangat penting. Proses produksi yang menganggap kegiatan untuk menghasilkan produk baik berupa barang atau jasa. Keputusan tentang tenaga kerja mencakup seleksi penggajian,pelatihan,penempatan, penyediaan , atau supervise.

  • Mutu/Kualitas 
Ditandai dengan penekanan tanggung jawab yang lebih besar  terhadap mutu atau kualitas barang atau jasa yang dihasilkan. Mutu merupakan tanggung jawab produksi yang penting dan harus didukung oleh organisasi secara keseluruhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar