STANDAR AKUNTANSI (IFRS) DI CANADA
KELOMPOK CANADA
DI SUSUN OLEH :
ARIESTA FITRI HUTAMI
GALUH LISTYA WIDHATI SURYODIBROTO
NILA WULANDARI
RINI PRIANI
TRIJAYANI
4EB02
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Tuhan yang
Maha esa atas segala karunia dan rahmatnya yang diberikan sehingga kami dapat
menyelesaikan tugas kelompok ini.
Makalah ini disusun guna melengkapi tugas-tugas yang
yang diberikan oleh dosen dan tujuan dari makalah ini sendiri untuk
meningkatkan pegetahuan mahasiswa terhadap akuntansi internasioanl khususnya
tentang standar akuntansi yang berada di canada.
Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada
semua anggota kelompok Canada yang telah membantu baik secara moril maupun
materiil, yang sudah meluangkan waktunya untuk meyelesaikan makalah ini.
Makalah ini jauh dari kata sempurna, oleh karena itu
kami mengharapkan kritik dan saran agar dapat memperbaikinya dan menjadi lebih
baik lagi dalam membuat makalah. Kami berharap makalah ini dapat bermanfaat
bagi semua mahasiswa yang membacanya.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Seiring
dengan perkembangan jaman dan teknologi, akuntansi juga turut berkembang sesuai
dengan tuntutan dunia ekonomi dan bisnis. Tentunya perkembangan akuntansi
sendiri membawa dampak positif bagi para pelaku ekonomi dan semua pihak yang
terlibat. Tetapi bagaimana jadinya bila semua negara mengembangkan akuntansi
secara semena-mena untuk kemajuan perekonomian di negaranya sendiri? Dan
bagaimana pula cara untuk mengukur perkembangan suatu usaha jika indikator dan
parameter di setiap negara tidaklah sama? Untuk menjawab semua pertanyaan
tersebut, maka dibuatlah standar akuntansi sebagai patokan bagi tiap instansi
dalam melaksanakan praktek akuntansi. Dimana seiring dengan perkembangan jaman
dibutuhkan suatu standar akuntansi yang bersifat global yang berkualitas tinggi
dan kerangka akuntansi
berbasiskan prinsip yang meliputi penilaian profesional yang kuat dengan
disclosure yang jelas dan transparan mengenai substansi ekonomis transaksi,
penjelasan hingga mencapai kesimpulan tertentu, dan akuntansi terkait transaksi
tersebut. Dengan demikian, pengguna laporan keuangan dapat dengan mudah
membandingkan informasi keuangan entitas antarnegara di berbagai belahan dunia.
Oleh karena itu, makalah ini membahas mengenai standar akuntansi khususnya di
negara Canada dan juga standar akuntansi
internasional yaitu IFRS agar memberikan kita pengetahuan dan informasi mengenai standar
akuntansi.
BAB II
LANDASAN
TEORI
2.1 Pengertian dan Sumber Standar
Akuntansi
Akuntansi
memiliki kerangka teori konseptual yang menjadi dasar pelaksanaan
teknik-tekniknya, kerangka dasar konseptual ini terdiri dari standar(teknik,
prinsip) dan praktik yang sudah diterima oleh umum karena kegunaannya dan
kelogisannya. Standar itu disebut standar akuntansi, di Indonesia berlaku
Prinsip Akuntansi Keuangan(SAK) Indonesia kemudian menjadi Pernyataan Standar
Akuntansi Keuangan(PSAK). Sedang di USA berlaku General Accepted Accounting Principle(GAAP), kemudian Accounting Principle Board Statement dan
terakhir menjadi FASB Statements. SAK merupakan pedoman bagi siapa saja dalam
menyusun laporan keuangan yang akan diterima oleh umum.
Standar
akuntansi mencakup konvensi, peraturan, dan prosedur yang sudah disusun dan
disahkan oleh lembaga resmi (Standard Setting Body) pada saat tertentu. Standar
ini merupakan consensus pada kala itu tentang pencatatan sumber-sumber ekonomi,
kewajiban, modal, hasil, biaya, dan perubahannya dalam bentuk laporan keuangan.
Dalam standar ini dijelaskan transaksi apa yang harus dicatat; bagaimana
mencatatnya, dan bagaimana mengungkapkannya dalam laporan keuangan yang akan
disajikan.
Standar
akuntansi ini merupakan masalah penting dalam profesi dan semua pemakai laporan
yang memiliki kepentingan terhadapnya. Oleh karena itu, mekanisme penyusunan
standar akuntansi harus diatur sedemikian rupa sehingga dapat memberikan
kepuasan kepada semua pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan.
Standar akuntansi ini akan terus-menerus berubah dan berkembang sesuai
perkembangan dan tuntutan masyarakat. Belkaoui(1985) mengemukakan alasan
pentingnya standar akuntansi yang relevan sebagai berikut:
1. Dapat
menyajikan informasi tentang posisi keuangan, prestasi, dan kegiatan
perusahaan. Informasi yang disusun berdasarkan standar akuntansi yang lazim diharapkan
mempunyai sifat jelas, konsisten, terpercaya, dan dapat diperbandingkan.
2. Memberi
pedoman dan peraturan bekerja bagi akuntan publik agar mereka dapat
melaksanakan tugas dengan hati-hati, independen, dan dapat mengabdikan
keahliannya dan kejujurannya melalui penyusunan laporan akuntan setelah melalui
pemeriksaan akuntan.
3. Memberikan
data base kepada regulator tentang berbagai informasi yang dianggap penting
dalam perhitungan pajak, peraturan tentang perusahaan, perencanaan dan pengaturan
ekonomi, dan peningkatan efesiensi ekonomi, dan peningkatan efesiensi ekonomi,
dan tujuan-tujuan makro lainnya.
4. Dapat
menarik perhatian para ahli dan praktisi di bidang teori dan standar akuntansi.
Semakin banyak standar yang dikeluarkan, semakin banyak kontroversi dan semakin
bergairah untuk berdebat, berpolemik, dan melakukan penelitian.
Dalam penyusunan standar
akuntansi ini ada tiga kemungkinan:
1. Diserahkan
sepenuhnya kepada kekuatan atau mekanisme pasar;
2. Diserahkan
kepada swasta/profesi; atau
3. Diserahkan
kepada pemerintah.
Standar
akuntansi saat ini umumnya disusun oleh lembaga resmi yang diakui pemerintah,
profesi, dan umum. Kalau di Indonesia yang berwenang menyusun ini adalah Dewan
Standar Akuntansi Keuangan yang berada di bawah naungan IAI(Ikatan Akuntansi
Indonesia). Dewan Standar Akuntansi menyerahkan hasil kerjanya kepada Komite
Pensahan Standar Akuntansi Keuangan Indonesia dan akhirnya akan ditetapkan dan
disahkan dalam kongres IAI. Sementara itu, di USA sekarang lembaga yang
berwenang mensahkan standar akuntansi(standard
setting body) adalah Financial
Accounting Standard Board(FASB) yang bebas dari pengaruh profesi secara
langsung. Namun, pda mulanya standar akuntansi dilahirkan oleh AICPA. FASB
mengeluarkan Statement of Financial
Accounting Standards dan Interpretation bersama dengan Accounting Research Bulletin yang dikeluarkan oleh AICPA.
Selengkapnya,
Stevin Rubin(1984) menjelaskan sumber GAAP dalam bentuk rumah sebagai berikut.
1. Dasar
Dasar GAAP disebutkan going concern,
substance over form, neutrality, accrual basis, conservatism, materiality.
2. Lantai I
a.
FASB Statement
b.
FASB Interpretations
c.
APB Opinions
d.
ARS Bulletins yang dikeluarkan AICPA
3. Lantai II
a.
AICPA Industry Audit Guides
b.
AICPA Industry Accounting Guides
c.
AICPA Statement of Position
4. Lantai III
a. FASB Technical Bulletins
b.
AICPA Accounting Interpretation
c.
Praktik Industri yang lazim
5. Lantai IV
a. APB Statement
b. Makalah yang dikeluarkan AICPA
c. Pendapat-pendapat organisasi profesi
d. FASB Concepts Statement
e. Buku-buku teks
f. Artikel-artikel para ahli tentang
Akuntansi
BAB
III
PEMBAHASAN
3.1
Standar Akuntansi Canada
Kanada,
secara historis dikenal sebagai Dominion of Canada, adalah negara paling utara
di Amerika Utara. Merupakan federasi dari 10 provinsi dan 3 teritori dengan
sistem desentralisasi dan pemerintahan berbentuk monarki konstitusional.
Dibentuk tahun 1867 dengan undang-undang Konfederasi.
Ibu
kota Kanada adalah Ottawa, tempat parlemen nasional dan juga tempat tinggal
Gubernur Jenderal dan Perdana Menteri. Merupakan bekas jajahan Perancis dan
Britania Raya, Kanada adalah anggota La Francophonie dan Negara Persemakmuran.
Sebagai
negara maju, Kanada juga mempunyai standar akuntansi pemerintahan yang
digunakan di negaranya. Karena masing-masing negara mempunyai standar yang
berbeda untuk akuntansi pemerintahannya, begitu pula yang di Kanada. Yang pasti
akan sangat berbeda dengan akuntansi pemerintahan di negara kita, Indonesia.
Mungkin standarnya akan lebih rumit.
Akuntansi
di Kanada, ada 3 lembaga yg menangani akuntansi: the Canadian Institute of
Chartered Accountants (CA), the Certified General Accountants Association of
Canada (CGA), & the Society of Management Accountants of Canada (CMA). CA
& CGA dibentuk berdasarkan Undang-undang Parlemen berturut-turut pd tahun
1902 & 1913 sedangkan CMA didirikan dalam tahun 1920.
Program
CA difokuskan menjadi akuntan publik & kandidat harus memiliki pengalaman
auditing dari kantor akuntan publik; program CGA memberikan kebebasan bagi
kandidatnya untuk memilih karier di bidang keuangan; program CMA memfokuskan
diri pd akuntansi manajemen.
Kanada merupanakan negara terbesar kedua di dunia setelah Rusia, dimana
negara tersebut menganut sistem pemerintahan demokrasi federal yang menyatukan
sejumlah komunitas poltik yang berbeda di bawah pemerintahan bersama untuk
menangani keperluan-keperluan tertentu masing-masing daerah. Bentuk
pemerintahan ini mempertimbangkan realita geografis Kanada, keanekaragaman
masyarakat budayanya dan warisan dwi-hukum dan dwi-bahasa. Kanada
mempunyai tiga tingkat pemerintahan: federal, propinsi, teritori, dan
kotamadya (lokal atau regional).
Pemerintah Kanada bertanggung jawab untuk menginformasikan tentang
kepengurusan yuridis mereka kepada publik/masyarakat. Informasi tersebut
biasanya dalam bentuk laporan tahunan yang mencakup akuntansi transaksi
keuangan pemerintah untuk periode fiskal. Di Kanada, latihan pelaporan
keuangan pada umumnya diatur oleh pedoman akuntansi yang ditetapkan oleh badan
independen Dewan Akuntansi Sektor Publik standar (Public Sector Accounting
Board/ PSAB) dari Institut Akuntan Chartered Kanada. PSAB dalam "Akuntansi
Sektor Publik Handbook" menyatakan bahwa laporan keuangan pemerintah harus
mengkonsolidasikan laporan keuangan dari semua organisasi di bawah kendali
mereka dengan pengecualian dari perusahaan bisnis pemerintah.
Perusahaan bisnis Pemerintah harus dilaporkan dalam Ikhtisar laporan
keuangan pemerintah secara ekuitas dimodifikasi. Aktiva bersih perusahaan
bisnis pemerintah dicatat sebagai investasi (aset keuangan) pada laporan laba rugi
konsolidasi pemerintah tentang posisi keuangan, sedangkan laba bersih
perusahaan bisnis pemerintah disajikan sebagai bagian yang terpisah pada
laporan pendapatan pemerintah. Laporan keuangan konsolidasi umumny terdiri dari
unit penerintah seperti rumah sakit, universitas, sekolah-sekolah, dan
pendapatan dana konsolidasi, yang telah direvisi pemerntah untuk mematuhi
pedoman PSAB, dimana nantinya unit-unit ini pada akhirnya akan digabungkan
dengan menggunakan garis penuh oleh metode garis konsolidasi.
3.2 Tentang Sektor Publik
Dewan Akuntansi
Dewan
Akuntansi Sektor Publik (PSAB) dibentuk pada tahun 1981 oleh Institute of
Chartered Kanada. Akuntan setelah berkonsultasi dengan berbagai
stakeholder pejabat tinggi pemerintah. Para pemangku kepentingan melihat
dibutuhkanyapendekatan nasional, sebanding dan konsisten untuk pelaporan
keuangan oleh pemerintah di Kanada. Dari tahun 1981 sampai tahun 1989, Dewan
difokuskan pada penyediaan standar akuntansi untuk, federal provinsi dan
wilayah pemerintah (pemerintah tinggi). Pada tahun 1989, PSAB memperluas
kegiatannya untuk mencakuppemerintah lokal. Pada Awal tahun 2009, Dewan
menerima tanggung jawab untuk menetapkan standar akuntansi dan bimbingan bagi
organisasi pemerintah keseluruhan . Sebuah organisasi pemerintah adalah sebuah
organisasi yang dikendalikan oleh pemerintah.
Sifat penetapan standar di sektor publik
Tidak
seperti penetapan standar di sektor swasta, tidak ada persyaratan hukum yang
disetujui oleh orang lain yang membutuhkanpemerintah tinggi untuk
mengikuti standar yang dikeluarkan oleh PSAB. Namun, mereka mengharuskan untuk
mematuhi peraturanmereka. Organisasi pemerintah-pemerintah tersebut umumnya
dibutuhkan oleh masing-masing pemerintah untuk mengadopsistandar yang
dikeluarkan oleh PSAB. Pemerintah daerah dan organisasi mereka umumnya
disyaratkan dalam provinsi undang-undang atau peraturan untuk mengikuti standar
yang dikeluarkan oleh PSAB.
Misi
Misi
PSAB adalah untuk melayani kepentingan publik dengan menetapkan standar dan
memberikan panduan bagi keuangan dan informasi lain yang dilaporkan oleh
kinerja sektor publik di Kanada.
Peran
PSAB
menetapkan standar akuntansi dan pedoman lainnya bagi pemerintah dan organisasi
mereka. Itu dilakukan untuk meningkatkan informasi yang tersedia untuk
pengambilan keputusan dan untuk meningkatkan akuntabilitas entitas sektor
public
Tanggung jawab
Dalam
menetapkan standar dan pedoman lainnya, PSAB akan:
·
menghormati dan mendorong masukan dari semua
pemangku kepentingan
·
membawa objektivitas dengan pertimbangan
masalah;
·
menghormati kemampuan para pemangku
kepentingan untuk melakukan penilaian yang professional, dan
·
berkomitmen untuk menanggapi kebutuhan
stakeholder pada bas tepat waktu
Members
PSAB
menggunakan papan dan pendekatan task force untuk menetapkan standar dan
bimbingan lainnya.
Sebuah
Kursi dibayar dan sebelas anggota relawan merupakan Dewan. PSAB bertanggung
jawab untuk menyetujui semua dokumen untuk komentar dan standar akhir. Gugus
tugas terdiri dari anggota relawan yang memiliki kepentingan tertentu atau
keahlian dalam topik yang sedang dibahas. Gugus tugas untuk menyampaikan materi
ini PSAB pertimbangan dengamengidentifikasi masalah, menilai alternatif, dan
membuat rekomendasi.
Dewan
Pengawan Standar akuntasi (AcSOC) menunjuk anggota Dewan. PSAB, melalui Ketua
dan Direktur, menunjuk para anggota individual dari gugus tugas.
Dewan
dan tugas anggota pasukan yang dipilih untuk memastikan bahwa berbagai latar
belakang, keterampilan dan pandangan yangdibawa untuk menanggung pada masalah
yang dihadapi PSAB. Semua tingkat pemerintahan, organisasi pemerintah,
legislatifauditor, auditor sektor swasta, akademisi dan lain-lain yang
diwakili. Setiap individu membawa nya individu pandangan dan pendapat, dan
bukan orang-orang dari organisasi yang ia dikaitkan.
Setiap
anggota Dewan memiliki satu suara. Wakil Presiden, Standar dan Direktur, Sektor
Publik Akuntansi adalah non-voting anggota Dewan.
Due Process
PSAB
mengikuti proses karena luas untuk menetapkan standar dan pedoman lainnya
ditambah dengan kegiatan di banyak komunikasi. Biasanya, due proses
meliputi:
- menyetujui proposal proyek;
- merilis laporan prinsip untuk komentar publik;
- meninjau tanggapan dan berurusan dengan isu yang diangkat;
- draft paparan penerbitan standar yang diusulkan;
- meninjau tanggapan dan berurusan dengan masalah yang diangkat, dan
- mengeluarkan standar akhir.
Draft
paparan Semua dan standar akhir harus menerima suara setuju dari sedikitnya
delapan dari dua belas anggota secara tertulis sebelum dokumen-dokumen ini
dapat dipublikasikan.
Transparansi
Rapat
Dewan diadakan secara pribadi untuk melindungi pandangan rahasia dari anggota
relawan nya. Namun, PSAB menerbitkan agendanya sebelum pertemuan, ringkasan
keputusan selanjutnya ke sebuah pertemuan, makalah pendukung isu draf eksposur,
dan dasar untuk dokumen kesimpulan, yang menyertai standar akhir. Selain itu,
proses pembangunan didukung oleh kegiatan komunikasi yang komprehensif termasuk
face-to-face pertemuan, presentasi, webcast, komunikasi elektronik dan berbagai
writtenmaterial seperti dokumen bahasa sederhana, ringkasan eksekutif
satu-halaman di bahasa non-teknis yang menyertai dokumen terbuka untuk untuk
memberikan komentar.
Akuntabilitas
PSAB
bertanggung jawab kepada AcSOC. AcSOC bertanggung jawab untuk memberikan
masukan untuk rencana PSAB strategis dan annuals serta menilai kepatuhan PSAB
untuk proses dan kinerja tahunan.
AcSOC
adalah independen, relawan badan yang dibentuk oleh Institute of Chartered
Accountants Kanada di 2000. Ini melayani kepentingan publik dengan mengawasi
dan memberikan masukan pada kegiatan Akuntansi Dewan Standar (AcSB), yang
menetapkan standar pelaporan keuangan untuk berorientasi pada keuntungan
perusahaan, dan tidak-untuk-profit organisasi di sektor swasta, dan Sektor
Publik Akuntansi Dewan (PSAB), yang menetapkan pelaporan keuangan standar bagi
pemerintah dan organisasi mereka. Tanggung jawab AcSOC meliputi menunjuk AcSOC,
AcSB dan anggota PSAB. Pelaporan kepada publik dan terdiri dari wakil-wakil
yang termasuk regulator, investor dan pengguna lain, penyusun dan auditor dari
laporan keuangan, AcSOC membawa luas perspektif untuk masalah kompleks yang
dihadapi pembuat standar baik di sektor swasta dan publik.
Itu
adalah suatu kehormatan untuk ditunjuk Ketua Akuntansi Sektor Publik Board
(PSAB) dari tanggal 1 April 2011 sampai dengan 31 Maret 2012.
Dalam
peran pertama saya, sebagai Ketua Satuan Tugas Modal Pemerintah Daerah Berwujud
Aset, perubahan signifikan yang diwujudkan dengan akuntansi akrual penuh
bergerak - sesuatu yang belum dicapai dalam sejarah Kanada meskipun banyak
telah mencoba. Selanjutnya, sebagai anggota Dewan dan akhirnya Wakil Ketua
isu-, penting tapi kontroversial seperti instrumen keuangan dan transfer
pemerintah yang diselesaikan. Sebagai Ketua, saya melihat sebuah era baru dalam
pelaporan keuangan sektor publik diperkenalkan dengan asumsi PSAB jawab untuk menetapkan
standar untuk organisasi pemerintah.
Pada
2011 - 2012, PSAB umumnya memiliki tahun yang sukses, meskipun menghadapi
beberapa tantangan.
Tujuan
utama kami agenda teknis telah atau sedang dipenuhi. Yang paling penting, pekerjaan
maju pada proyek kunci PSAB ini: Konsep Mendasari Kinerja Keuangan. Secara
internasional, PSAB terus mempengaruhi pekerjaan Standar Akuntansi Sektor
Publik Internasional (IPSASB) oleh berpartisipasi dalam pertemuan-pertemuan,
mengomentari dokumen dan mendorong sektor publik Kanada untuk menanggapi
dokumen mereka. Berkelanjutan kami komunikasi tujuan bertemu dengan jangkauan
signifikan dan bantuan transisi diberikan kepada berbagai pemangku kepentingan.
Sepanjang
tahun, PSAB melakukan survei konstituennya yang mengungkapkan kepuasan umum
dengan kualitas dokumen yang dikeluarkan untuk komentar dan kami didorong oleh
tanggapan yang berkaitan dengan kami komunikasi upaya. Namun, beberapa isu yang
diangkat dengan jumlah waktu yang diberikan untuk menanggapi dokumen dan untuk
menerapkan standar baru. PSAB mendengarkan dan merespon sesuai. Akhirnya,
beberapa pemangku kepentingan menunjukkan bahwa agenda teknis PSAB itu tidak
mencerminkan masalah utama yang mereka hadapi (yaitu, tingkat-diatur akuntansi
dan kerangka kerja konseptual yang PSAB).
Seperti
yang kita berkembang melalui 2011-2012, sejumlah perusahaan bisnis pemerintah
membuat transisi untuk Standar Pelaporan Keuangan Internasional dan organisasi
pemerintah lainnya menjadi sasaran yang CICA Sektor Publik Akuntansi (PSA)
Handbook untuk pertama kalinya. Pada saat yang sama, pemerintah mereka
organisasi mengikuti not-for-profit standar akuntansi memulai transisi mereka
ke Handbook PSA untuk 1 Januari 2012. Ini menandai peristiwa penting dalam
sejarah dan relevansi PSAB.
Namun,
posisi Dewan pada tingkat-perusahaan pemerintah diatur bisnis berpose tantangan
untuk beberapa. Dua provinsi melewati peraturan yang mewajibkan pendekatan yang
berbeda daripada PSAB. Selanjutnya, posisi PSAB’s pada akuntansi untuk transfer
pemerintah menerima perhatian yang signifikan dan menciptakan perdebatan yang
aplikasi. PSAB akan perlu untuk tetap mencermati perkembangan lebih lanjut di
daerah-daerah.
Cukup
tidak dapat dikatakan tentang dukungan yang saya terima sebagai Ketua. Para
anggota Dewan secara konsisten dan menyeluruh memperdebatkan isu-isu yang
relevan, datang ke pertemuan dipersiapkan dengan baik dan bersama-sama
membentuk pandangan. Namun, keberhasilan ini tidak mungkin terjadi tanpa kerja
anggota pasukan PSAB ini tugas.
Saya
akan lalai jika saya tidak menyebutkan staf PSAB. Dedikasi dan profesionalisme
tidak pergi tanpa disadari. Saya berharap staf terbaru PSAB itu anggota,
Antonella Risi, yang terbaik. Anda telah bergabung dengan tim yang hebat.
Secara administratif, Mogul Edlene telah menjadi tambahan yang bagus,
menyelenggarakan pertemuan dan menjaga semua Dewan dan tugas anggota satuan
informasi dan terorganisir.
Istilah
Morina Rennie sebagai anggota Dewan berakhir tahun ini dan, atas nama Dewan dan
staf, saya ingin untuk berterima kasih atas kontribusi luar biasa dia membuat
lebih dari jabatannya. Akhirnya, saya ingin berharap Rod Monette, Ketua masuk,
yang terbaik dari keberhasilan.
Dengan
Ketua, relawan dan staf, saya pensiun dari posisi sebagai Ketua yakin bahwa
Kanada sektor publik akan tetap berada di garis depan global transparansi dan
akuntabilitas. Tingkat kepatuhan dengan standar PSAB oleh pemerintah dan
keberhasilan banyak organisasi pemerintah transisi ke Handbook PSA adalah bukti
itu.
INTRODUCTION
Laporan
ini membahas kegiatan 2011-2012 dan output dari Akuntansi Sektor Publik Dewan
Standar (PSAB) untuk tahun fiskal yang berakhir 31 Maret 2012. Hal ini juga
menyediakan ringkasan dari prestasi kunci dan tantangan yang dihasilkan dari
output tahun sebelumnya.
PSAB
telah melaporkan hasil kerjanya kepada Standar Akuntansi Pengawasan Dewan
(AcSOC) sebagai bagian dari tinjauan tahunan dan penilaian kinerja PSAB itu.
Laporan tahunan ini memberikan informasi yang sama secara substansial dan
komentar seperti yang diberikan kepada AcSOC.
AcSOC
telah menerbitkan Laporan Tahunan sendiri secara terpisah, yang mencakup kesimpulan
tentang itu PSAB kegiatan.
Pelaporan
Keuangan Kanada dan Standar Jaminan (fras) website www.frascanada.ca –
menyediakan pengunjung dengan up-to-date informasi tentang kegiatan PSAB,
termasuk proyek-proyek, keputusan ringkasan pertemuan, dokumen untuk komentar
dan bahan terkait lainnya dan informasi kontak
GAMBARAN
prestasi dan TANTANGAN
(PSAB)
Akuntansi Sektor Publik Dewan 2.011-2.012 Rencana Kerja mengidentifikasi enam
tujuan utama:
- Mengeluarkan draf eksposur pada kerangka konseptual PSAB itu.
- Menilai kesenjangan dalam GAAP untuk organisasi pemerintah.
- Membahas isu-isu yang terkandung dalam "4200 PS" seri untuk tidak-untuk organisasi nirlaba.
- Terus secara signifikan mempengaruhi pekerjaan Akuntansi Sektor Publik Internasional Board (IPSASB).
- Meningkatkan dan meningkatkan kesadaran stakeholder, keterlibatan dan penerimaan PSAB.
- Memenuhi tujuan operasional dan kegiatan yang ditetapkan pada tahun 2011-2012 Rencana Kerja PSAB itu.
PSAB
umumnya bertemu, atau pertemuan, tujuan utama. Dewan:
- adalah membuat kemajuan yang baik pada inisiatif pemerintah organisasi tersebut;
- memberikan kontribusi terhadap standar internasional sektor publik;
- melanjutkan upaya luas komunikasi sambil memberikan bantuan masa peralihan dan stakeholder terlibat dengan menjaga dan menginformasikan kegiatannya, dan
- mengikuti proses jatuh tempo dan menggunakan sumber dayanya sesuai dengan Rencana Kerja 2011-2012 nya.
Kebutuhan
konsultasi tambahan pada proyek kerangka konseptual PSAB melambat kami
diharapkan kemajuan. Sebuah survei yang bertujuan untuk menilai kepuasan
stakeholder telah selesai pada tahun ini. Paling responden menunjukkan bahwa
mereka menemukan dokumen PSAB untuk komentar lengkap dan memadai untuk menilai
masalah dan sampai pada suatu kesimpulan. Tanggapan mencerminkan pandangan
positif pada komunikasi PSAB inikegiatan, mencatat bahwa webinar dan webcast
yang berkualitas baik dan sangat berguna. Namun, tingkat Ketidakpuasan itu
dicatat oleh pihak tertentu yang mengatakan PSAB seharusnya membahas masalah
tingkat-diatur akuntansi dan bahwa hal itu harus dilanjutkan lebih cepat pada
kerangka konseptual PSAB ini proyek.
PSAB
adalah melihat manfaat dari hasil yang diinginkan dan strategi untuk membawa
organisasi pemerintah ke perusahaan CICA Sektor Publik Akuntansi (PSA)
Handbook. Secara internasional, PSAB dan staf terus berkontribusi dan memiliki
efek pada karya IPSASB. Selain itu, kami komunikasi upaya meningkatkan
kesadaran PSAB kalangan yang jauh lebih luas dari individu dan organisasi di
seluruh sektor publik.
PSAB
mengalami beberapa tantangan, namun, dari keputusan tahun-tahun sebelumnya '
Efektif
tanggal 1 Januari 2011, pemerintah perusahaan bisnis diarahkan oleh PSAB untuk
mengikuti International Standar Pelaporan Keuangan dalam Bagian I Buku Pegangan
CICA - Akuntansi. Beberapa perusahaan ini memiliki sebelumnya mengikuti
tingkat-prinsip akuntansi yang diatur dalam pra-changeover standar akuntansi di
bagian V yang Handbook1 dan tidak lagi memiliki petunjuk tentang tingkat-diatur
aset dan kewajiban. Itu Internasional Dewan Standar Akuntansi didorong untuk
mengatasi masalah ini. Dua provinsi telah berlalu peraturan yang mewajibkan
perusahaan untuk mengadopsi posisi yang berbeda dari yang ditetapkan dalam Buku
Pegangan PSA
Pemerintah
dan organisasi mereka mengikuti Buku Panduan PSA diminta untuk mengadopsi baru
standar pada transfer pemerintah efektif 1 April 2012. Ada masalah yang
berkaitan dengan interpretasi ketika pemerintah memiliki kewajiban untuk
membuat transfer. Di sisi penerima, standar telah meningkat mendebat jika
pendapatan harus diakui.
TUJUAN UTAMA DAN PRESTASI
Mengeluarkan
draf eksposur pada kerangka konseptual PSAB ini
Hasil
Tujuan
ini tidak terpenuhi sebagai awalnya direncanakan tapi pekerjaan adalah
melanjutkan
Indikator Kerja
Akuntansi
Sektor Publik Dewan (PSAB) setuju dengan rekomendasi dari gugus tugas itu,
mengingat sifat dari isu-isu yang terlibat, konsultasi tambahan yang
diperlukan. Konsultasi Kertas gugus tugas 1 dikeluarkan untuk komentar pada
September 2011. Hal ini didukung oleh surat langsung ke berbagai pemangku
kepentingan dan webcast menjelaskan isu-isu dan kebutuhan untuk input.
Latar Belakang
Selama
pengembangan dan penerbitan selanjutnya standar pada transfer pemerintah dan
instrumen keuangan, isu-isu yang diangkat oleh beberapa orang bahwa arah yang
diambil dalam proyek-proyek adalah hasil dari kerangka konseptual PSAB itu.
PSAB setuju untuk melakukan, sebagai prioritas, review kerangka kerjanya. Isu
utama berhubungan dengan apa yang merupakan kinerja keuangan tahunan atau
bagaimana surplus atau defisit harus ditentukan.
Setelah
survei berbagai pemangku kepentingan, PSAB menyepakati pendekatan untuk
bagaimana mungkin mengatasi kerangka konseptual PSAB itu. Sebagai contoh, salah
satu pendekatan akan memulai seluruh review atau mulai dari "selembar
kertas". Namun, seluruh kerangka tidak dipertanyakan dan PSAB setuju untuk
mempersempit lingkup pekerjaan untuk menentukan bagaimana mengukur kinerja
keuangan
Sebuah
"pita biru" gugus tugas dibentuk dan pekerjaan dimulai. Sebagai gugus
tugas mulai membahas isu-isu, mereka menyimpulkan bahwa mengingat alasan dan
sifat dari masalah, konsultasi di luar proses normal PSAB adalah dalam rangka.
Gugus
tugas dianjurkan untuk PSAB rencana proyek revisi yang mencakup dokumen
mempersiapkan untuk tujuan mencari masukan dari stakeholder sebelum
pengembangan pernyataan prinsip. PSAB setuju, memahami bahwa perubahan ini akan
menambah lebih banyak waktu untuk jadwal proyek.
Original
PSAB ini 2011-2012 Rencana Kerja tidak mengantisipasi ini konsultasi tambahan
ketika itu awalnya disetujui. Akibatnya, varians diciptakan. Namun, upaya yang
signifikan sedang dilakukan untuk memastikan bahwa stakeholder memiliki
kesempatan untuk masukan ke dalam proyek kerangka. Sebagai contoh, masukan itu
dan sedang dicari dari komunitas perencanaan fiskal dan kelompok-kelompok
serupa.
Menilai
kesenjangan dalam GAAP untuk organisasi pemerintah
Hasil
Tujuan
ini telah terpenuhi dan pekerjaan sekarang maju pada isu-isu.
Indikator kinerja
Dua
proyek lain yang diperlukan disertakan pada 2012-2013 Rencana Kerja PSAB itu.
Proyek proposal untuk dua proyek yang kemudian disetujui oleh PSAB.
Latar belakang
PSAB
sebelumnya diarahkan sejumlah organisasi pemerintah untuk pra-changeover
standar akuntansi di V Bagian dari Buku Pegangan CICA - Akuntansi. Karena V
Bagian akan tidak lagi tersedia sebagai sumber standar akuntansi untuk
organisasi-organisasi ini, PSAB harus memutuskan mana sumber standar harus
digunakan oleh mereka. Organisasi-organisasi pemerintah lainnya diberikan
pilihan antara menggunakan Standar Pelaporan Keuangan Internasional dalam
Bagian I Buku Pegangan CICA - Akuntansi atau Akuntansi Sektor Publik CICA (PSA)
Handbook.Transisi
ini berlaku efektif 1 Januari 2011. Untuk memudahkan transisi dari
organisasi-organisasi ini ke dalam Buku Pegangan PSA, pada bulan Juni 2011
Dewan menyetujui Bagian 2125, pertama kali Adopsi oleh Organisasi
Pemerintah.Bagian ini memberikan pengecualian dan pengecualian untuk yang sudah
ada standar akuntansi sektor publik. Hal ini penting karena organisasi ini
diperlukan untuk mempersiapkan pernyataan pembukaan mereka dari posisi keuangan
sesuai dengan Buku Pegangan PSA.
Sepanjang
bantuan, tahun transisi, dalam hal kuliah, bahan referensi dan presentasi,
diberikan kepada organisasi-organisasi pemerintah. Panduan ini dirancang untuk
menyoroti perbedaan besar dalam sumber standar akuntansi dan isu-isu yang perlu
ditangani untuk memudahkan transisi.
Namun,
transisi dari Bagian V berarti perubahan. Ada sejumlah standar dalam Bagian V
yang belum dibahas dalam Handbook PSA dan ada beberapa kasus di mana PSA
Handbook standar berbeda dengan yang ada di Bagian V.
Untuk
membantu PSAB mengidentifikasi dan mulai bekerja pada isu-isu, sebuah kelompok
penasehat direkrut. Sebuah dokumen perbandingan disiapkan oleh staf untuk
mereka gunakan.Kelompok ini mengembangkan daftar prioritas topik dan
menyerahkannya ke PSAB untuk dipertimbangkan.
Kelompok
penasehat diminta untuk mengidentifikasi isu utama yang berpikir perlu
ditangani. Itu daftar topik disampaikan kepada PSAB untuk dipertimbangkan untuk
keperluan 2012-2013 Rencana Kerja nya. PSAB menyetujui dua topik, kewajiban
penghentian pengoperasian aset dan penurunan nilai aset, dan proposal proyek
telah disetujui.
Membahas
isu-isu yang terkandung dalam "4200 PS" seri untuk tidak-untuk
organisasi nirlaba
Hasil
Tujuan
ini telah terpenuhi dan pekerjaan sekarang maju pada isu-isu.
Indikator kinerja
Sebuah
Pernyataan Prinsip menangani permasalahan yang diidentifikasi sekarang sedang
dikembangkan untuk 2012-2013.
Latar belakang
Sebelum
Desember 2010, PSAB telah mengarahkan organisasi pemerintah yang memenuhi
definisi sebuah organisasi nirlaba untuk mengikuti V Bagian dari Buku Pegangan
CICA - Akuntansi. Pada bulan Desember 2010, Dewan Standar Akuntansi (AcSB)
memutuskan untuk membuat Bagian III, standar akuntansi untuk tidak-untuk
organisasi nirlaba. Ini Bagian dari Buku Pegangan didukung oleh Bagian II, standar
akuntansi untuk akuntansi perusahaan swasta. Setelah mendengar dari para
pemangku kepentingan tertentu, PSAB memutuskan bahwa memiliki satu sumber
standar akuntansi untuk organisasi pemerintah akan memberikan konsistensi dan
komparatif antara organisasi-organisasi dan lain-lain dalam entitas pemerintah.
Sebuah
strategi kunci untuk 2010-2013 adalah untuk memastikan bahwa organisasi
pemerintah yang menggunakan tidak-untuk-keuntungan standar dalam Bagian V
sesuai dengan Buku Pegangan PSA. PSAB melakukan ini dengan memperkenalkan V
Bagian yang ada tidak-untuk-profit standar ke dalam Buku Pegangan PSA (PS 4200
series), didukung oleh standar lain di Buku Pegangan PSA. Hal ini selesai pada
Desember 2010. Untuk memudahkan transisi dari organisasi-organisasi ini, mereka
diberi pilihan antara menggunakan PS 4200 seri ditambah Handbook PSA atau
Handbook PSA tanpa seri 4200 PS.
Namun,
dalam beberapa kasus, standar yang ada di seri 4200 PS (dan mitranya dalam
Bagian III dari Buku Pegangan CICA - Akuntansi) tidak selaras dengan standar
yang ada di Buku Pegangan PSA atau Bagian II dari Buku Pegangan CICA -
Akuntansi.
Untuk
mengatasi masalah ini Force Tidak-untuk-Laba Joint Task dibentuk oleh Dewan
Standar Akuntansi dan PSAB untuk menyelaraskan tidak-untuk-keuntungan standar
yang ada, mana yang sesuai, dengan yang tercantum dalam Buku Pegangan PSA dan
Bagian II.
Gugus
tugas bertemu empat kali selama 2011-2012, menyelesaikan penilaian atas standar
individu, dan mulai diskusi pada lebih dari setengah dari permasalahan yang
diidentifikasi. Isu yang tersisa telah dibahas pada 2012-2013 dan diharapkan
bahwa baik AcSB dan PSAB akan menyetujui pernyataan prinsip tahun depan.
Lanjutkan
keterlibatan dengan pengembangan kerangka kerja konseptual IPSASB dan proyek
aktif lainnya
hasil
Tujuan
ini dipenuhi.
indikator
kinerja
Staf
PSAB dibantu dengan pengembangan Tahap 3 dari Sektor Publik Standar Akuntansi
Internasional Board (IPSASB) kerangka kerja konseptual dan memberikan
rekomendasi untuk proyek-proyek lain seperti kombinasi sektor publik.
PSAB
staf menanggapi semua lima dokumen yang dikeluarkan untuk komentar, catatan
briefing disiapkan bagi anggota Kanada untuk setiap pertemuan pada item
berbagai agenda dan, berdasarkan komentar yang diberikan oleh staf, memberikan
kontribusi terhadap perubahan kata-kata dalam berbagai dokumen.
latar
belakang
The
IPSASB isu International Standar Akuntansi Sektor Publik untuk menyelaraskan
akuntansi sektor publik secara global. Umumnya, IPSASB bertemu empat kali per
tahun dan menggunakan sejumlah tugas berbasis kelompok untuk mengembangkan
bahan pertimbangan Dewan.
Keterlibatan
PSAB dalam pekerjaan IPSASB ini dicapai melalui menghadiri dan berpartisipasi
dalam pertemuan Dewan mereka, memberikan kontribusi bagi pengembangan berbagai
standar, menyiapkan catatan briefing untuk delegasi Kanada dan memberikan
komentar pada dokumen terkena.
Kanada,
secara historis dikenal sebagai Dominion of Canada, adalah negara paling utara
di Amerika Utara. Merupakan federasi dari 10 provinsi dan 3 teritori dengan
sistem desentralisasi dan pemerintahan berbentuk monarki konstitusional.
Dibentuk tahun 1867 dengan undang-undang Konfederasi.
Ibu
kota Kanada adalah Ottawa, tempat parlemen nasional dan juga tempat tinggal
Gubernur Jenderal dan Perdana Menteri. Merupakan bekas jajahan Perancis dan
Britania Raya, Kanada adalah anggota La Francophonie dan Negara Persemakmuran.
Sebagai
negara maju, Kanada juga mempunyai standar akuntansi pemerintahan yang
digunakan di negaranya. Karena masing-masing negara mempunyai standar yang
berbeda untuk akuntansi pemerintahannya, begitu pula yang di Kanada. Yang pasti
akan sangat berbeda dengan akuntansi pemerintahan di negara kita, Indonesia.
Mungkin standarnya akan lebih rumit.
Akuntansi
di Kanada, ada 3 lembaga yg menangani akuntansi: the Canadian Institute of
Chartered Accountants (CA), the Certified General Accountants Association of
Canada (CGA), & the Society of Management Accountants of Canada (CMA). CA
& CGA dibentuk berdasarkan Undang-undang Parlemen berturut-turut pd tahun
1902 & 1913 sedangkan CMA didirikan dalam tahun 1920.
Program
CA difokuskan menjadi akuntan publik & kandidat harus memiliki pengalaman
auditing dari kantor akuntan publik; program CGA memberikan kebebasan bagi
kandidatnya ukt memilih karier di bidanga keuangan; program CMA memfokuskan
diri pd akuntansi manajemen.
Membahas
isu-isu yang terkandung dalam sesi "4200 PS" untuk organisasi
non-profit.
Hasil
Tujuan
ini telah terpenuhi dan pekerjaan sekarang dilanjutkan atas isu-isu.
Indikator
Kinerja
Sebuah
Pernyataan Prinsip menangani permasalahan yang diidentifikasi sekarang sedang
dikembangkan untuk 2012-2013.
Latar
Belakang
Sebelum
Desember 2010, PSAB telah mengarahkan organisasi pemerintah yang memenuhi
definisi untuk organisasi nirlaba non-profit untuk mengikuti V Bagian dari Buku
Pegangan CICA - Akuntansi. Pada bulan Desember 2010, Dewan Standar Akuntansi
(AcSB) memutuskan untuk membuat Bagian III, standar akuntansi untuk
tidak-untuk-keuntungan organisasi. Ini Bagian dari Buku Pegangan didukung oleh
Bagian II, standar akuntansi untuk perusahaan swasta akuntansi. Setelah
mendengar dari para pemangku kepentingan tertentu, PSAB memutuskan bahwa
memiliki satu sumber akuntansi standar untuk organisasi pemerintah akan
memberikan konsistensi dan komparatif di antara organisasi dan lain-lain dalam
entitas pemerintah.
Sebuah
strategi kunci untuk 2010-2013 adalah untuk memastikan bahwa
organisasi-organisasi pemerintah menggunakan not-for-profit standar dalam
Bagian V sesuai dengan Buku Pegangan PSA. PSAB melakukan ini dengan
memperkenalkan Bagian V yang ada tidak-untuk-profit standar ke dalam Buku
Pegangan PSA (PS 4200 series), didukung oleh standar lainnya dalam PSA
Handbook. Hal ini selesai pada Desember 2010. Untuk memudahkan transisi dari
organisasi-organisasi ini, mereka diberi pilihan antara menggunakan PS 4200
seri ditambah Handbook PSA atau Handbook PSA tanpa seri 4200 PS.
Namun,
dalam beberapa kasus, standar yang ada di seri 4200 PS (dan pasangannya dalam
Bagian III dari CICA Handbook - Akuntansi) tidak selaras dengan standar yang
ada di Buku Pegangan PSA atau Bagian II yang CICA Handbook - Akuntansi. Untuk
mengatasi masalah ini Force Tidak-untuk-Laba Joint Task dibentuk oleh Dewan
Standar Akuntansi dan PSAB untuk menyelaraskan tidak-untuk-keuntungan standar
yang ada, mana yang tepat, dengan mereka yang terkandung dalam PSA Handbook dan
Bagian II. Gugus tugas bertemu empat kali selama 2011-2012, menyelesaikan
penilaian atas standar individu, dan mulai diskusi pada lebih dari setengah
dari permasalahan yang diidentifikasi. Isu yang tersisa telah ditangani dengan
pada 2012-2013 dan diharapkan bahwa baik AcSB dan PSAB akan menyetujui
pernyataan prinsip berikutnya tahun.
Lanjutkan
keterlibatan dengan pengembangan kerangka kerja konseptual IPSASB dan
lainnya
yang aktif proyek
hasil
Tujuan
ini dipenuhi.
Indikator
Kinerja
Staf
PSAB dibantu dengan pengembangan Tahap 3 dari Standar Akuntansi Sektor Publik
Internasional Dewan kerangka kerja (IPSASB) konseptual dan saran yang diberikan
pada proyek-proyek lain seperti sektor publik kombinasi.
PSAB
staf menanggapi semua lima dokumen yang dikeluarkan untuk komentar, catatan
briefing siap untuk Kanada anggota untuk setiap pertemuan pada item berbagai
agenda dan berdasarkan komentar yang diberikan oleh staf, memberikan kontribusi
perubahan kata-kata dalam berbagai dokumen.
Latar
Belakang
The
IPSASB isu International Standar Akuntansi Sektor Publik untuk menyelaraskan
akuntansi sektor publik secara global. Umumnya, IPSASB bertemu empat kali per
tahun dan menggunakan sejumlah tugas berbasis kelompok untuk mengembangkan
bahan pertimbangan Dewan.
Keterlibatan
PSAB dalam pekerjaan IPSASB ini dicapai melalui menghadiri dan berpartisipasi
dalam Dewan mereka pertemuan, memberikan kontribusi bagi pengembangan berbagai
standar, catatan briefing mempersiapkan Kanada delegasi dan komentar memberikan
dokumen terkena.
Meningkatkan
dan meningkatkan kesadaran stakeholder, keterlibatan dan penerimaan PSAB
Hasil
Tujuan
ini dipenuhi.
Indikator
Kinerja
Survei
stakeholder yang dilakukan pada Oktober 2011 mengungkapkan umpan balik positif
sehubungan dengan itu PSAB komunikasi dengan para pemangku kepentingan.
Terutama, webinar dan webcast dikatakan berkualitas baik dan sangat berguna.
Juga, hampir semua responden merasa bahwa staf PSAB alamat pertanyaan atau
kekhawatiran dalam tepat waktu.
Seperti
terlihat dari statistik situs PSAB itu, ringkasan keputusan PSAB itu, agenda
pertemuan, dokumen untuk komentar, dasar kesimpulan, PSAB Matters buletin, staf
yang dikembangkan kursus dan informasi, proyek halaman dan informasi umum
tentang PSAB terus menarik perhatian.
Latar
Belakang
Pada
2011-2012, PSAB melanjutkan komunikasi yang luas dengan para pemangku
kepentingan dalam upaya untuk mempromosikan pemahaman yang lebih baik dari
standar, proposal bimbingan dan standar akhir, serta meningkatkan keterlibatan
stakeholder dalam pekerjaan PSAB itu.
Sebanyak
28 presentasi, termasuk empat webcast, yang disediakan, menjaga stakeholder
diberitahu tentang peristiwa, membantu organisasi pemerintah dengan transisi ke
dalam Handbook PSA, dan menyediakan Informasi tentang pengembangan standar. Sekitar
2.000 orang yang terlibat dalam presentasi, yang mewakili berbagai pemangku
kepentingan PSAB itu dari seluruh Kanada.
Ada
12 pertemuan dengan berbagai individu dan organisasi, termasuk Departemen
Pendidikan Ontario, Wakil Menteri Keuangan untuk Nova Scotia dan Manitoba,
Controller berbagai Auditor Umum, dan Dewan Standar Akuntansi Internasional
tentang isu-tingkat diatur akuntansi. Sebuah pertemuan didirikan dengan Wakil
Menteri Keuangan baru di Quebec.
PSAB
dan gugus tugas meliputi relawan yang mewakili masyarakat perencanaan fiskal.
Karena perubahan dalam tanggung jawab dari beberapa anggota kami, upaya sedang
dilakukan untuk merekrut Wakil Menteri Keuangan, dan PSAB menunjuk seorang
sukarelawan bertanggung jawab untuk organisasi pemerintah. Hal ini telah
meningkatkan keterlibatan dari para pemangku kepentingan.
Memenuhi
tujuan operasional dan kegiatan yang ditetapkan dalam Rencana Kerja 2011-2012
PSAB ini
Hasil
Tujuan
ini dipenuhi.
Indikator
Kinerja
Staf,
relawan, dan sumber daya keuangan yang digunakan sesuai dengan aslinya Rencana
PSAB ini 2011-2012 Kerja diberikan pergantian staf yang tidak direncanakan dan
prioritas proyek berubah.
PSAB
puas bahwa prosedur proses hukum yang diikuti.
Latar
Belakang
Setiap
tahun, PSAB menyetujui rencana kerja menetapkan: tonggak proyek yang diharapkan
akan dipenuhi selama tahun, bagaimana sumber daya relawan yang akan digunakan,
berbagai komunikasi kegiatan yang direncanakan akan dilakukan; dan sejumlah
kegiatan administrasi dan terkait.
Kegiatan
ini kemudian diukur, membentuk dasar dari anggaran PSAB itu.
Yang
rencananya akan diberikan kepada Standar Akuntansi Pengawasan Dewan (AcSOC),
mencari pandangan dan komentar rencana PSAB untuk tahun mendatang. Selanjutnya,
pada setiap pertemuan yang PSAB menerima Laporan kinerja menyoroti kemajuan
dalam memenuhi tujuan dan kegiatan yang direncanakan. AcSOC juga menerima
update yang sama sepanjang tahun.
TANTANGAN
Pemerintah
transfer
Pada
tahun 2010, Dewan Akuntansi Sektor Publik (PSAB) menyetujui standar baru pada
transfer pemerintah, dengan tanggal efektif tanggal 1 April 2012. Alamat-alamat
standar transfer dari kedua pentransfer dan yang penerima perspektif. Dalam
beberapa hal, itu adalah standar terobosan dalam otoritatif lainnya standar
tidak secara khusus membahas masalah kapan entitas memiliki kewajiban untuk
membuat transfer (Pentransfer) dan banyak memiliki masalah warisan yang tersisa
dengan cara penerima akan menjelaskan transfer.
Standar
akuntansi sektor swasta Kanada tidak secara khusus menangani masalah pengalih
namun mengatasi pengakuan pendapatan dari perspektif penerima. Akuntansi Sektor
Publik Internasional Board (IPSASB), IPSAS 23, Pendapatan Non-Transaksi Bursa
(Pajak dan Transfer), hanya alamat penerima akuntansi (menggunakan perspektif
kewajiban untuk pengakuan pendapatan) tetapi tidak memberikan pedoman akuntansi
pengalih. Selanjutnya, sebagian ada standar lain (khususnya untuk modal
transfer) terus memerlukan penangguhan dan pendekatan amortisasi untuk
pengakuan pendapatan. Bagian PS 3410, Transfer Pemerintah, mengambil pandangan
menggunakan definisi kewajiban untuk menentukan kapan pendapatan harus diakui.
Pandangan ini, yang tidak mencerminkan standar saat ini sektor swasta, didukung
oleh IPSASB dan proposal di bawah Standar Akuntansi Internasional (IASB),
Pendapatan Kontrak dengan proyek Pelanggan.
PSAB
menyadari bahwa itu tidak mungkin untuk mencapai kesepakatan dengan standar di
antara semua pemangku kepentingan. Setelah konsultasi yang cukup (draft paparan
tiga dan 350 tanggapan), Dewan mengambil pandangan bahwa Keputusan harus
dibuat, mengakui bahwa standar mungkin tidak menemukan penerimaan oleh beberapa
stakeholder.
Sebagai
standar baru saja mulai berlaku, ada isu-isu yang berkaitan dengan permukaan
ketika kewajiban harus diakui oleh pemerintah yang mentransfer sumber daya dan,
dari sudut pandang penerima, ketika Pendapatan harus diakui. PSAB akan terus
mencermati perkembangan lebih lanjut di daerah-daerah.
Tingkat-perusahaan
diatur
Tingkat-perusahaan
diatur baik di swasta dan sektor publik mengikuti persyaratan akuntansi dalam
pra-changeover standar akuntansi di V Bagian dari Buku Pegangan CICA –
Akuntansi.
Setelah
penerapan Standar Internasional IASB Pelaporan Keuangan (SAK) di Bagian I CICA
Handbook - Akuntansi, pada tahun 2007, PSAB diubah Pengantar untuk Akuntansi
Sektor Publik Standar yang menunjukkan bahwa perusahaan bisnis pemerintah semua
harus mematuhi standar yang berlaku untuk perusahaan publik akuntabel dalam
Bagian I. PSAB setuju bahwa tanggal efektif untuk bisnis pemerintah perusahaan
akan mencerminkan bahwa yang direkomendasikan oleh Dewan Standar Akuntansi
(AcSB). PSAB menegaskan posisinya dan tanggal efektif lagi pada tahun 2009.
Standar
dalam Bagian I tidak secara spesifik membahas isu-isu yang berkaitan dengan
efek dari regulasi tingkat. Karena Bagian V dari Buku Pegangan CICA - Akuntansi
diizinkan efek tertentu peraturan tingkat menjadi dicatat sesuai dengan
petunjuk tersebut, industri yang bersangkutan tentang kurangnya bimbingan untuk
tingkat-diatur perusahaan di bawah BagianI.
Ketidakpastian
yang diberikan untuk saat IASB mungkin mengatasi masalah, pada bulan Oktober
2010, AcSB menangguhkan efektif tanggal mengadopsi Bagian I dari Buku Pegangan
CICA - Akuntansi dengan tingkat-perusahaan diatur sampai 1 Januari 2012.
Baru-baru ini, para AcSB telah memperpanjang tanggal efektif untuk satu tahun
lagi.
Setelah
berkonsultasi dengan Dewan Pengawasan Standar Akuntansi dan musyawarah banyak
pada apakah pendekatan alternatif harus diambil, PSAB tetap teguh dalam
pandangannya bahwa sama pendekatan yang dilakukan oleh AcSB harus diikuti untuk
sektor publik. PSAB terus memantau perkembangan di daerah ini.
DAFTAR
PUSTAKA
http://adityaprima.blogspot.com/2013/04/standar-akuntansi-canada_7624.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar