Minggu, 31 Oktober 2010

Tugas Lecture Message Studentsite

STUDENTSITE
      Disini saya akan membahas apa saja yang ada di studentsite, serta kekurangan dan kelebihan yang ada di studentsite ini. di dalam studentsite ini terdapat fitur locker, fitur email, fitur calendar, fitur address book, fitur info log, fitur file manager, fitur  forum, fitur bookmark, dan fitur polls.

  • fitur locker : fungsi dari fitur ini adalah untuk menampilkan tampilan BAAK news dan kalender akademik perkuliahan.
  • fitur email : fitur ini menyediakan electronic mail
  • fitur calendar : fitur ini untuk kalender akademik perkuliahan seperti  jadawal UTS maupun jadawal UAS.
  • fitur addressbook :  fungsi dari fitur ini adalah untuk menampilkan nomor telepon mahasiswa yang sudah menreg nomornya.
  • fitur infolog : fungsi dari fitur ini adalah untuk melihat data mahasiswa.
  • fitur file manager : fungsi dari fitur ini tidak jelas karena tidak bisa dibuka dan harus konfirmasi ke administrator.
  • fitur bookmark : fungsi dari fitur ini sama seperti bookmark di bookmark anda.
  • fitur polls : fungsi dari fitur ini hanya untuk polling saja.
      Selanjutnya  adalah mengenai kekurangan dari studentsite ini :
  • Loading untuk membuka studentsite lama, seringkali tidak bisa dibuka sehingga menyulitkan mahasiswa jika ingin mengecek sesuatu seperti ada tugas dari dosen dan sebagainya, dan juga menyulitkan mahasiswa ketika harus mempostkan tugasnya.
      Kelebihan dari studentsite adalah :
  • Student site mebuat mahasiswa lebih mudah jika ingin mengecek ada tugas dari dosen atau tidak, dan dapat melihat nilai-nilai mata kuliah yang telah kita peroleh.
www.gunadarma.ac.id

Jumat, 15 Oktober 2010

tugas 3

FRANCHISE



NAMA KELOMPOK:
  1. FEBRILIANTI DIAN P (22210695)
  2. GALUH LISTYA WIDHATI S (22210937)
  3. WIANA LARASWATI (29210181)
 
PENDAHULUAN
 
Latar Belakang
          
          Kami mengambil tema 'Franchise Local' karena  franchise local pada khususnya RM.Padang Sederhana sudah mempunyai nama yang cukup dikenal dan sudah mempunyai cabang hampir diseluruh kota di Indonesia.
               RM.Sederhana sangat menonjolkan makanan yang sesuai dengan selera masyarakat Indonesia, harganya terjangkau dan pelayanannya bagus sehingga banyak franchisee yang memilih RM.Sederhana sebagai usahanya.


PEMBAHASAN

Sejarah Waralaba

           Waralaba diperkenalkan pertama kali pada tahun 1980-an oleh Isaac Singer, pembuat mesin jahit Singer, ketika ingin meningkatkan distribusi penjualan mesin jahitnya. Walaupun usahanya tersebut gagal, namun dialah yang pertama kali memperkenalkan format bisnis waralaba ini di AS. Kemudian,caranya inidiikuti oleh pewaralaba lain yang lebih sukses, John S Pemberton, pendiri CocaCola[1]. Namun, menurut sumber lain yang mengikuti Singer kemudian bukanlah CocaCola, melainkan sebuah industri di AS, General Motors Industry ditahun 1898[2]. Di Indonesia sistem waralabaulai dikenal pada tahun 1950-an,yaitu dengan munculnyadealer kendaraan bermotor melalui pembelian lisensi. Perkembangan kedua dimulai pada tahun 1970-an, yaitu dengan dimulainya sistem pembelian lisensi plus, yaitu franchise tidak sekedar menjadi penyalur, namun juga memiliki hak untuk memproduksi produknya[3].
 
 
Pengertian Franchise,Franchisor, dan Franchisee
 
        Franchise atau waralaba  dalam bahasa Indonesia adalah sebuah metode dalam sistem yang distribusi barang atau jasa.  Selain pengertian waralaba, perlu dijelaskan pula apa yang dimaksud dengan franchisor dan franchisee.
 
  •  Franchisor atau  pemberi waralaba, adalah  badan usaha atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atas ciri khas usaha yang dimilikinya.
  • Franchisee atau penerima waralaba, adalah badan usaha atau perorangan yang diberikan hak untuk memanfaatkan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atas ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba [4].
 
Jenis Waralaba
 
Waralaba dapat dibagi menjadi dua yaitu:   
  •  Waralaba luar negri : Mac Donald, Kentucky Fried Chicken, Pizza Hut, Dunkin Donuts, Bread Story,   Bread Talk, Wendys, Kafe Dome.
  • Waralaba dalam negri : RM.SEDERHANA, J.CO, Kebab Babarafi.
 Untuk itu kami mengambil contoh franchise dalam negri yaitu : 'Rumah Makan Sederhana". Rumah Makan "Sederhana'  milik keluarga Bustaman bukanlah usaha asal-asalan. Buktinya resto yang ketika didirikan 1960 semula menggunakan nama  'Singgalang Jaya" terpaksa mengubah nama menjadi 'Sederhana' setelah beberapa pertimbangan "klinis dan klenis' pada tahun 1972. [5] Rumah Makan Sederhana terlihat lebih ekspansif karena sejak awal ia sangat menjaga kualitas makanan dabn pelayanan.
Masakan enak harus dibarengi dengan servis yang bagus. Rumah makan yang dibandrol SB(salah satu pemilik yang bergabung dalam usah franchise rumah makn sederhana) lebih mahal ketimbang RMPS lainnya. Selisihnya tidaj besar untuk mengontrol kualitas makanan dan pelayanan ada koordinator yang memantau kelancaran usaha SB.
 
 
KESIMPULAN 
      
       Jadi RM.Sederhana banyak diminati franchisee karena makanannya enak sesuai dengan selera masyarakat Indonesia, harganya terjangkau, dan pelayanannya yang bagus.
 
 
REFERENSI
 
  1. http://www.referenceforbusiness.com/encyclopedia/For-Gol/Franchising.html
  2. http://paroki-teresa.tripod.com/Tonikum_WARALABA1.htm
  3. http://www.smfranchise.com/franchise/artiwaralaba.html
  4. Pasal:1,PP No.16 Tahun 1997 Tentang Waralaba 
  5. http://www.google.com/kamis,12 April 2007/Henni T Soelaeman/Ekspansi Gaya RM.Sederhana      
  6. http://www.google.com
 
www.gunadarma.ac.id 
 
 
 

Jumat, 08 Oktober 2010

tugas 2

  1. Kebutuhan,permintaan,produksi. karena ada kebutuhan sehingga timbul adanya permintaan dan untuk memenuhi permintaan harus ada pemenuhan kebutuhan/permintaan (produksi barang) sehingga terjadilah aktivitas ekonomi.
  2. Perusahaan : Lembaga/ badan usaha yang kegiatannya seperti lembaga sosial tetapi bergerak dalam bidang bisnis dengan maksud untung mencari keuntungan. Lembaga sosial :badan sosial yang kegiatannya bersifat sosial (membantu orang-orang) dan sumber dananya berasal dari sumbangan dan tidak bertujuan untuk mencari keuntungan.
  3. Lingkungan; daerah atau lingkungan tersebut dikunjungi banyak orang atau tidak. Akses transportasi : alat transportasi untuk menuju kesana mudah atau tidak.
  4. * Lingkungan eksternal makro: lingkungan luar pemasaran dalam skala yang lebih besar atau menyeluruh.  contoh:kondisi perekonomian, uhkum,politik,peraturan pemerintah,kependudukan dan keseimbangan lingkungan,teknologi,sosial dan kebudayaan.  Lingkungan eksternal mikro:  meliputi pelaku-pelaku yang aktif berperanan dalam proses kegiatan pemasaran. contohnya;pemasok, pesaing,perantara,danpasar.
*DASAR PEMASARAN HAL 17&19
TEGUH BUDIARTO

www.gunadarma.ac.id

    tugas 1

    1. karena saya ingin membuka usaha sendiri sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan ingin memajukan usaha batik keluarga.
    2. faktor modal,faktor hukum, faktor tenaga kerja, faktor infrasturktur,faktor kependudukan.